BTemplates.com

LightBlog
LightBlog
Powered by Blogger.

Sample Text

Your Name


Your Message*

Business

[Blogger][4]
LightBlog

BTemplates.com

recentposts

Pages

Blogroll

About

randomposts

Saturday, December 12, 2015

KEKAR dan SESAR



*      Kekar (joint)
Rekahan yang berbentuk teratur pada masa batuan yang tidak menampakkan (dilihat dengan mata telanjang) telah terjadi pergeseran pada kedua sisi-sisinya. secara umum dibedakan menjadi menjadi 4 (empat) (Mc.Clay 1987) yaitu kekar tarik (rekahan yang membuka akibat gaya ekstensi yang berarah tegak lurus terhadap arah rekahan), kekar gerus (biasanya berpasangan merupakan satu set dan lurus, terdapat pergeseran yang diakibatkan oleh gayakompresi), kekar hibrid (berkenampakan sebagai kekar gerus yang membuka, kombinasi antara kekar gerus dan kekar tarik), dan kekar tarik tak beraturan (arah kekar tak beraturan, sering merupakan akibat hydraulic fracturing). Kehadiran kekar pada batuan dapat meningkatkan porositas batuan, sehingga mampu menyimpan air (sebagai aquifer) ataupun hidrokarbon (sebagai reservoir), sebaliknya juga memperlemah kekuatan batuan. Kehadiran kekar didekat permukaan juga dapat mempercepat proses pelapukan batuan.


https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjX1tpCjhscXOyrjPttxBjLmxpqB7zxJ3YHqRWZDNT-tvxUEzMNcpT0KCAIMf1WXVnv2juep6yVSDBSPyP9uU_gDdYXLVNrCFENt6lCk2twhVqv7rEVbvzAbz3AmWTcRgSfW2wUzSsSQEaI/s1600/gu.png
Gambar 1. Pola Sesar dan Kekar 

*      Sesar / Patahan (Fault) 
rekahan, pada masa batuan yang telah mmprlihatkan gejala pergeseran pada kedua belah sisi bidang rekahan (Simpson, 1086), Sesar yang dimaksud adalah pergeseran yang disebabkan oleh gaya tektonik. Jenis Sesar berdasarkan aktifitasnya dapat diebadakan menjadi Sesar mati dan Sesar aktif. Sesar mati adalah sesar yang sudah tidak (akan) bergerak lagi, sedangkan Sesar aktif adalah sesar yang pernah bergeser selama 11.000 tahun terakhir dan berpotensi akan bergerak di waktu yang akan datang (Yeats, Sieh & Allen, 1997). Sesar aktif dikenal pula sebagai bagian dari peristiwa gempa bumi. 





Berdasarkan kinematikanya scara garis besar dibedakan menjadi:
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhQBqTOg1-_bH47_J3-yORsfZOfTZMPOalF1hLtWCWeBQYC5r8Sf1aRINdRJXhAGNfrDVIJ-8FXQcRjwGIqXqbXQ_H1yaLNiCrLjGDThVxo_wtMIsj6vuhSqyV_nYA-0moRuwghLIkzc484/s1600/h.png

gambar 2. Macam-macam Sesar (Fault)

a)      Sesar turun
Patahan/sesar turun (atau di-sebut jg patahan/sesar normal) adalah satu bentuk rekahan pada lapisan bumi yg memungkinkan satu blok batuan bergerak relatif turun terhadap blok lainnya.
blok yg ada di bagian bawah patahan/sesar disebut sebagai foot wall dan blok yg ada di bagian atas patahan/sesar disebut sebagai hanging wall. Pada sesar turun, bagian hanging wall akan bergerak relatif turun terhadap foot wall-nya. Karena ada gaya gravitasi yang mempengaruhinya. makanya sring disebut sesar turun.

b)      Sesar datar
Pergerakan dari sesar ini horizontal. Sesar mendatar ditentukan dengan menghadap bidang sesar, bila bidang didepan bergerak kekiri seperti diagram disebut mendatar sinistral, dan sebaliknya sesar mendatar dekstral.

c)      Sesar Oblique
Pergerakan dari sesar ini gabungan antara horizontal dan vertikal. Gaya-gaya yang bekerja menyebabkan sesar mendatar dan sesar normal

d)     Sesar Translasi
Sesar ini mngalami pergeseran spanjang garis lurus. Biasanya hanging wall relatif naik terhadap foot wall, dengan kemiringan bidang sesar besar. sesar ini biasanya disebut juga sesar naik. umumnya dasar dan sesar naik pergerakanya hanya vertikal, jadi sering juga disebut sebagai sesar dlip-slip

e)      Sesar Gunting

Pergerakan dari sesar ini juga sama dengan sesar oblique yaitu horizontal dan vertikal. sesar yang pergeserannya berhenti pada titik tertentu sepanjang jurus sesar. Gaya yang bekerja sama dengan Sesar normal.

1 comment: